Rabu, 05 Juni 2019

Pengenalan Ms.Word 2010, Menu dan Fungsi Menu Ms.Word 2010

      Microsoft word adalah software pengolah kata (word processing) yang merupakan bagian dari microsoft office suite (ms.excel, power point, dll) ms.word tampil lebih user firendly dan sudah menggunakan ribbon sebagai standar baru dalam menampilkan menu-menu tool.

Tab Home

     Menu home adalah toolbar menu yang berada pada ujung sisi kiri bagian atas. Tab home ini terdiri dari 5 group, yaitu:a. Clipboar terdapat beberapa icon menu pada clipboard, yaitu:
   ➢copy berfungsi untuk duplikasi atau mengcopy tulisan
   ➢cut berfungsi sama ssperti copy tapi file nya akan hilang
   ➢paste berfungsi untuk meletakkan gambar setelah di cut atau di copy
   ➢formatpainter: berfungsi untuk mengubah painter
b.Font berfungsi untuk mengatur format huruf yang digunakan seperti jenis huruf yang digunakan, jenis cetak, merubah warna huruf dan latar belakang huruf.c.Paragraph terdapat beberapa icon pada paragraph, yaitu:
   ➢align text: pengaturan format paragraph, kiri, kanan, tengah
   ➢line spacing: berfungsi untuk mengatur jarak
   ➢shading: berfungsi untuk memberikan shading pada tulisan
   ➢border: untuk mengatur tabel
   ➢bullet and numbering: berfungsi untuk membuat opsi bullet atau opsi numbering
d.Styles, berfungsi untuk mengatur style huruf yang sudah tersedia template stylenya.
e. Editing, berfungsi untuk melakukan edit kata atau kalimat yang sudah ditulis. terdiri dari beberapa icon, yaitu:
   ➢find: berfungsi untuk mencari kata atau kalimat agar cepat ditemukan
   ➢replace: berfungsi untuk merubah kalimat
   ➢select: berfungsi menandai kata, tulisan, dan objek lain

Tab Insert
      Tab Insert digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola, baik berupa gambar, tabel, shape, dan karakter spesial (symbols). Bahkan dengan tab insert tersebut user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar dokumen, bahkan keinternet.
       Tab insert terdiri dari 7 group, yaitu:
a.Pages, berfungsi untuk insert cover page atau kertas cover
b.Tables, berfungsi untuk membuat ataumeninsert tabel
c. Ilustrations, terdiri dari beberapa icon, yaitu:
    ➢picture: berfungsi untuk menyisipkan gambar dari komputer ke lembar kerja ms.word
    ➢clip art: berfungsi untuk menyisipkan gambar dalam bentuk clip art
   ➢shapes: berfungsi untuk membuat berbagai macam bentuk dua dimensi seperti garis, lingkaran, dan lainnya
    ➢smartart: berfungsi untuk memasukkan bentuk smartart yang lain
    ➢chart: berfungsi untuk membuat grafik atau diagram lengkap atau sempurna
d.Link, berfungsi untuk memberikan link pada tulisan yang merujuk pada situs tertentu
e. Header dan footer sering digunakan pada penulisan ilmiah. terdiri dari beberapa icon, yaitu:
    ➢header: berfungsi untuk membuat atau men-insert header
    ➢footer: berfungsi untuk membuat sebuah catatan kaki
    ➢page number: berfungsi untuk memberi halaman
f.Text, terdiri dari beberapa icon, yaitu:
  ➢text box: berfungsi untuk membuat atau memasukkan text box (kotak yang berisi tulisan)
    ➢quick parts: berfungsi untuk memberikan quick parts
    ➢wordart: berfungsi untuk membuat art dalam bentuk huruf dengan model tertentu
   ➢drop cap: berfungsi untuk membuat fariasi paragraf agar huruf pertama pada paragraf pertama berbeda dari yang lainnya
    ➢signature line: untuk mengatur signature line
    ➢data dan time berfungsi untuk memasukkan data dan waktu secara otomatis
    ➢object: berfungsi untuk memasukkan objek lain ke dalam ms. word untuk di edit
g.Simbols, berfungsi untuk memasukkan symbol

Tab Page Layout
        Tab Page Layout digunakan untuk mensetting halaman dari lembar kerja. Terdiri dari 5 group, yaitu:
a.Themes, berfungsi untuk mengatur sebuah lasyout tulisan
b.Page Setup, terdiri dari beberapa icon, yaitu:
   ➢margins: berfungsi untuk mengatur ukuran sisi tepi kertas
   ➢orientation: berfungsi untuk mengatur orientasi kertas, lanscape dan potrait
   ➢size:berfungsi untuk mengatur ukuran kertas  atau jenis kertas yang akan digunakan
 ➢colums: berfungsi untuk mengatur jumlah kolom penulisan, atau membuat tulisan menjadi beberapa kolom
  ➢breaks: berfungsi untuk mengatur page break yaitu antara halaman penulisan yang satu dengan awal halaman penulisan selanjutnya
  ➢line number: berfungsi untuk mengatur penomoran lini
  ➢hyphenation: berfungsi untuk pengaturan hipenasi
c.Page background, berfungsi untuk mengatur bakcground halaman
d.Paragraph, terdapat dua menu didalamnya yaitu indent berfungsi untuk mengatur jarak tulisan dari arah sebelah kanan atau kiri, sedangkan spacing berfungsi untuk mengatur spasi antar paragraf sebelumnya atau setelahnya secara spesifik
e. Arrane, ada beberapa pengaturan yang biasanya digunakan, yaitu:
 ➢position: berfungsi untuk mengatur posisi objek yang kita insert pada tulisan seperti gambar 
 text warping: untuk mengatur objek seperti gambarseperti gambar. seperti penempatan gambar dibalik tulisan, disamping, dan sebagainya
 ➢group: jika membuat gambar dengan menggunakan shape, garis-garis agar gambar tidak terpisah-pisah ketika digeser maka gunakan fungsi menu ini

Tab Reference
      Tab reference terdiri dari 6 group, yaitu:
a.Table of Contens, terdiri dari beberapa icon, yaitu:
   ➢table of contents: digunakan untuk pengelolaan daftar isi
  ➢add text: berfungsi untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
   ➢update table: digunakan untuk memperbarui daftar isi
b.Footnotes
   ➢insert footnote: digunakan untuk menyisipkan catatan kaki
   ➢insert endnote: digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab
   ➢next footnote: digunakan untuk memantau footnote dan andnote
   ➢show note: digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote dan andnote
c.Citations and Bibliography
   ➢insert citatio: digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
 ➢icon manage sources: digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin  sudah disisipkan disemua segmen file dokumen
  ➢menu style: berfungsi untuk memilih bibliography yang diinginkan
  ➢menu bibliography: digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen yang  aktif 
d.Captions
   ➢insert caption: berfungsi untuk membubuhkan keterangan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang disisipkan
  ➢icon insert table of figures: berfungsi untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan dalam dokumen
  ➢icon update table: berfungsi untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
    ➢cross reference: berfungsi untuk menyisipkan referensi silang
e.Index
    ➢mark entry: digunakan untuk menandai masukan baru dalam sebuah dokumen
    insert index: digunakan untuk menyisipkan daftar kata (index) ke dalam dokumen
    update index: digunakan untuk memperbarui daftar index terkini
f.Table of Authorities

Tab Mailling
        Tab Mailings terdiri dari 5 group, yaitu:
a. Create, terbagi menjadi beberapa icon, yaitu:
    envelopes: digunakan untuk membuat sampul pada amplop
    labels: digunakan untuk menulis nama dan alamat
b.Start mail merge, terbagi menjadi beberapa icon, yaitu:
    start mail merge: digunakan untuk membuat surat
    select recipient: digunakan untuk memilih penerima surat
    edit recipient list: digunakan untuk mengatur nama penerima surat
c.Write and insert fields, dibagi emnjadi beberapa icon, yaitu:
   highlight merge fields: digunakan untuk menyisipkan dokumen
   address blog: digunakan untuk pemilihan alamat surat
   greeting line: digunakan untuk menambah baris ucapan
   insert marge fields: digunakan untuk menyisipkan dan menggabungkan surat
   rules: digunakan untuk memberikan garis dalam surat
   match fields: digunakan untuk membandingkan surat
   update labels: digunakan untuk memperbarui label surat
d.Preview results, terbagi dalam beberapa icon, yaitu:
    preview result: digunakan untuk melihat hasil
    find recipient: digunakan untuk digunakan untuk mencari penerima
    auto check for error: digunakan untuk memeriksa kesalahan secara otomatis
e.Finish
   finish and merge: digunakan untuk mencetak secara otomatis

Tab Review
       Tab review terdiri dari 7 group, yaitu:
a.Proofing, terbagi menjadi beberapa icon, yaitu:
    spelling and grammer: berfungsi untuk memeriksa ejaan
    research: berfungsi untuk membuka panel penelitian referensi
    thesaurus: berfungsi untuk memberikan saran yang sepadan
    translate: berfungsi untuk menerjemah ke bahasa yang lain
 translation screen tip: berfungsi untuk untuk memungkin suatu screen tipe menerjemahkan kebahasa lain pada kata di kursor yang berhenti
   set language: berfungsi untuk mengatur bahasa dengan mengecek dahulu ejaan dan tata bahasa yang terpilih
  woud count: berfungsi untuk menemukan banyak kata, paragraf dan kalimat didalam dokumen
b.Language, berfungsi untuk mengubah bahasa
c.Comments
   new comment: berfungsi untuk memasukka komentar baru
   delete: berfungsi untuk menghapus komentar
   previous: berfungsi untuk memperlihatkan komentar sebelumnya
   next: berfungsi untuk memperlihatkan komentar selanjutnya
d.Tracking
    track changes: berfungsi untuk menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen
    ballons: berfungsi untuk memilih atau melihat hasil yang sudah direvisi
   final showing markup: berfungsi untuk memilih bagaimana perubahan yang diusulkan pada dokumen
  show markup: berfungsi untuk memilih markup seperti apa untuk menunjukkan dokumen
    reviewing pane: berfungsi untuk menunjukkan suatu revisi pada jendela terpisah
e.Changes
 accept: berfungsi untuk menerima perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
 reject: berfungsi untuk menolak perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
  previous: berfungsi untuk menampilkan revisi sebelumnya di dalam dokumen sehingga dapat menerima atau menolak
   next: berfungsi untuk menampilkan dokumen yang dapat diterima atau ditolak
f.Compare
   compare: berfungsi untuk mengkombinasikan berbagai versi dari dokumen
   show source documents: berfungsi untuk menunjukkan sumber terpilih
g.Protect
  protect document: berfungsi untuk melindungi hasil kerja karena merupakan sebuah privasi

Tab View
       Tab View terdiri dari 5 group, yaitu:
a. Document views: berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja
b. Show: berfungsi untuk memunculkan beberapa menu-menu yang ada pada ms.word
c. Zoom: berfungsi untuk memperbesar tampilan jendela kerja, membuat lembar kerja dalam satu halaman atau dua halaman dan mengatur page width
d. Windows: berfungsi untuk mengatur windows atau jendela kerja
e. Macros: berfungsi untuk membuat sebuah sistem macro yang dapat dikoneksikan dengan bagian jendela ms.word yang lain



Selamat membaca semoga bermanfaat 😉😉

Baca juga:
https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/membuat-daftar-isi-dengan-tabulasi-dan.html?m=1
Membuat daftar isi dengan tabulasi dan table of contents Microsoft word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP serta Perbedaan Penggunaan Fungsi tersebut

Fungsi VLOOKUP     fungsi VLOOKUP merupakan fungsi bantuan references. fungsi VLOOKUP berfungsi dipakai untuk menghasilkan nilai pada tab...