Microsoft word adalah
software pengolah kata (word processing) yang merupakan bagian dari microsoft
office suite (ms.excel, power point, dll) ms.word tampil lebih user firendly
dan sudah menggunakan ribbon sebagai standar baru dalam menampilkan menu-menu
tool.
Tab Home
Menu home adalah toolbar menu yang berada pada ujung sisi kiri bagian atas. Tab home ini terdiri dari 5 group, yaitu:a. Clipboar terdapat beberapa icon menu pada clipboard, yaitu:
Tab Home
Menu home adalah toolbar menu yang berada pada ujung sisi kiri bagian atas. Tab home ini terdiri dari 5 group, yaitu:a. Clipboar terdapat beberapa icon menu pada clipboard, yaitu:
➢copy berfungsi untuk duplikasi atau mengcopy tulisan
➢cut berfungsi sama ssperti copy tapi file nya akan hilang
➢paste berfungsi untuk meletakkan gambar setelah di cut atau di copy
➢formatpainter: berfungsi untuk mengubah painter
b.Font berfungsi untuk mengatur format huruf yang digunakan seperti jenis huruf yang digunakan, jenis cetak, merubah warna huruf dan latar belakang huruf.c.Paragraph terdapat beberapa icon pada paragraph, yaitu:
➢align text: pengaturan format paragraph, kiri, kanan, tengah
➢line spacing: berfungsi untuk mengatur jarak
➢shading: berfungsi untuk memberikan shading pada tulisan
➢border: untuk mengatur tabel
➢bullet and numbering: berfungsi untuk membuat opsi bullet atau opsi numbering
d.Styles, berfungsi untuk mengatur style huruf yang sudah tersedia template stylenya.
e. Editing, berfungsi untuk melakukan edit kata atau kalimat yang sudah ditulis. terdiri dari beberapa icon, yaitu:
➢find: berfungsi untuk mencari kata atau kalimat agar cepat ditemukan
➢replace: berfungsi untuk merubah kalimat
➢select: berfungsi menandai kata, tulisan, dan objek lain
Tab Insert
Tab Insert digunakan untuk
menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola, baik berupa gambar, tabel, shape, dan karakter spesial (symbols). Bahkan
dengan tab insert tersebut user bisa menyisipkan link ke
file yang berada di luar dokumen, bahkan keinternet.
Tab insert terdiri dari 7 group, yaitu:
a.Pages, berfungsi untuk insert cover page atau kertas cover
b.Tables, berfungsi untuk membuat ataumeninsert tabel
c. Ilustrations, terdiri dari beberapa icon, yaitu:
➢picture: berfungsi untuk menyisipkan gambar dari komputer ke lembar kerja ms.word
➢clip art: berfungsi untuk menyisipkan gambar dalam bentuk clip art
➢shapes: berfungsi untuk membuat berbagai macam bentuk dua dimensi seperti garis, lingkaran, dan lainnya
➢smartart: berfungsi untuk memasukkan bentuk smartart yang lain
➢chart: berfungsi untuk membuat grafik atau diagram lengkap atau sempurna
d.Link, berfungsi untuk memberikan link pada tulisan yang merujuk pada situs tertentu
e. Header dan footer sering digunakan pada penulisan ilmiah. terdiri dari beberapa icon, yaitu:
➢header: berfungsi untuk membuat atau men-insert header
➢footer: berfungsi untuk membuat sebuah catatan kaki
➢page number: berfungsi untuk memberi halaman
f.Text, terdiri dari beberapa icon, yaitu:
➢text box: berfungsi untuk membuat atau memasukkan text box (kotak yang berisi tulisan)
➢quick parts: berfungsi untuk memberikan quick parts
➢wordart: berfungsi untuk membuat art dalam bentuk huruf dengan model tertentu
➢drop cap: berfungsi untuk membuat fariasi paragraf agar huruf pertama pada paragraf pertama berbeda dari yang lainnya
➢signature line: untuk mengatur signature line
➢data dan time berfungsi untuk memasukkan data dan waktu secara otomatis
➢object: berfungsi untuk memasukkan objek lain ke dalam ms. word untuk di edit
g.Simbols, berfungsi untuk memasukkan symbol
Tab Page Layout
Tab Page Layout digunakan untuk
mensetting halaman dari lembar kerja. Terdiri dari 5 group, yaitu:
a.Themes, berfungsi untuk mengatur sebuah lasyout tulisan
b.Page Setup, terdiri dari beberapa icon, yaitu:
➢margins: berfungsi untuk mengatur ukuran sisi tepi kertas
➢orientation: berfungsi untuk mengatur orientasi kertas, lanscape dan potrait
➢size:berfungsi untuk mengatur ukuran kertas atau jenis kertas yang akan digunakan
➢colums: berfungsi untuk mengatur jumlah kolom penulisan, atau membuat tulisan menjadi beberapa kolom
➢colums: berfungsi untuk mengatur jumlah kolom penulisan, atau membuat tulisan menjadi beberapa kolom
➢breaks: berfungsi untuk mengatur page break yaitu antara halaman penulisan yang satu dengan awal halaman penulisan selanjutnya
➢line number: berfungsi untuk mengatur penomoran lini
➢hyphenation: berfungsi untuk pengaturan hipenasi
➢hyphenation: berfungsi untuk pengaturan hipenasi
c.Page background, berfungsi untuk mengatur bakcground halaman
d.Paragraph, terdapat dua menu didalamnya yaitu indent berfungsi untuk mengatur jarak tulisan dari arah sebelah kanan atau kiri, sedangkan spacing berfungsi untuk mengatur spasi antar paragraf sebelumnya atau setelahnya secara spesifik
e. Arrane, ada beberapa pengaturan yang biasanya digunakan, yaitu:
➢position: berfungsi untuk mengatur posisi objek yang kita insert pada tulisan seperti gambar
➢text warping: untuk mengatur objek seperti gambar. seperti gambar. seperti penempatan gambar dibalik tulisan, disamping, dan sebagainya
➢group: jika membuat gambar dengan menggunakan shape, garis-garis agar gambar tidak terpisah-pisah ketika digeser maka gunakan fungsi menu ini
Tab Reference
Tab reference terdiri dari 6 group,
yaitu:
a.Table of Contens, terdiri dari beberapa icon, yaitu:
➢table of contents: digunakan untuk pengelolaan daftar isi
➢add text: berfungsi untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
➢update table: digunakan untuk memperbarui daftar isi
b.Footnotes
➢insert footnote: digunakan untuk menyisipkan catatan kaki
➢insert endnote: digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab
➢next footnote: digunakan untuk memantau footnote dan andnote
➢show note: digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote dan andnote
c.Citations and Bibliography
➢insert citatio: digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
➢icon manage sources: digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan disemua segmen file dokumen
➢icon manage sources: digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan disemua segmen file dokumen
➢menu style: berfungsi untuk memilih bibliography yang diinginkan
➢menu bibliography: digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen yang aktif
d.Captions
➢insert caption: berfungsi untuk membubuhkan keterangan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang disisipkan
➢icon insert table of figures: berfungsi untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan dalam dokumen
➢icon update table: berfungsi untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
➢cross reference: berfungsi untuk menyisipkan referensi silang
e.Index
➢mark entry: digunakan untuk menandai masukan baru dalam sebuah dokumen
➢insert index: digunakan untuk menyisipkan daftar kata (index) ke dalam dokumen
➢update index: digunakan untuk memperbarui daftar index terkini
f.Table of Authorities
Tab Mailling
Tab Mailings terdiri dari 5 group,
yaitu:
a. Create, terbagi menjadi beberapa icon, yaitu:
➢envelopes: digunakan untuk membuat sampul pada amplop
➢labels: digunakan untuk menulis nama dan alamat
b.Start mail merge, terbagi menjadi beberapa icon, yaitu:
➢start mail merge: digunakan untuk membuat surat
➢select recipient: digunakan untuk memilih penerima surat
➢edit recipient list: digunakan untuk mengatur nama penerima surat
c.Write and insert fields, dibagi emnjadi beberapa icon, yaitu:
➢highlight merge fields: digunakan untuk menyisipkan dokumen
➢address blog: digunakan untuk pemilihan alamat surat
➢greeting line: digunakan untuk menambah baris ucapan
➢insert marge fields: digunakan untuk menyisipkan dan menggabungkan surat
➢rules: digunakan untuk memberikan garis dalam surat
➢match fields: digunakan untuk membandingkan surat
➢update labels: digunakan untuk memperbarui label surat
d.Preview results, terbagi dalam beberapa icon, yaitu:
➢preview result: digunakan untuk melihat hasil
➢find recipient: digunakan untuk digunakan untuk mencari penerima
➢auto check for error: digunakan untuk memeriksa kesalahan secara otomatis
e.Finish
➢finish and merge: digunakan untuk mencetak secara otomatis
Tab Review
Tab review terdiri dari 7 group,
yaitu:
a.Proofing, terbagi menjadi beberapa icon, yaitu:
➢spelling and grammer: berfungsi untuk memeriksa ejaan
➢research: berfungsi untuk membuka panel penelitian referensi
➢thesaurus: berfungsi untuk memberikan saran yang sepadan
➢translate: berfungsi untuk menerjemah ke bahasa yang lain
➢translation screen tip: berfungsi untuk untuk memungkin suatu screen tipe menerjemahkan kebahasa lain pada kata di kursor yang berhenti
➢set language: berfungsi untuk mengatur bahasa dengan mengecek dahulu ejaan dan tata bahasa yang terpilih
➢woud count: berfungsi untuk menemukan banyak kata, paragraf dan kalimat didalam dokumen
b.Language, berfungsi untuk mengubah bahasa
c.Comments
➢new comment: berfungsi untuk memasukka komentar baru
➢delete: berfungsi untuk menghapus komentar
➢previous: berfungsi untuk memperlihatkan komentar sebelumnya
➢next: berfungsi untuk memperlihatkan komentar selanjutnya
d.Tracking
➢track changes: berfungsi untuk menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen
➢ballons: berfungsi untuk memilih atau melihat hasil yang sudah direvisi
➢final showing markup: berfungsi untuk memilih bagaimana perubahan yang diusulkan pada dokumen
➢show markup: berfungsi untuk memilih markup seperti apa untuk menunjukkan dokumen
➢reviewing pane: berfungsi untuk menunjukkan suatu revisi pada jendela terpisah
e.Changes
➢accept: berfungsi untuk menerima perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
➢reject: berfungsi untuk menolak perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
➢previous: berfungsi untuk menampilkan revisi sebelumnya di dalam dokumen sehingga dapat menerima atau menolak
➢next: berfungsi untuk menampilkan dokumen yang dapat diterima atau ditolak
f.Compare
➢compare: berfungsi untuk mengkombinasikan berbagai versi dari dokumen
➢show source documents: berfungsi untuk menunjukkan sumber terpilih
g.Protect
➢protect document: berfungsi untuk melindungi hasil kerja karena merupakan sebuah privasi
Tab View
Tab View terdiri dari 5 group, yaitu:
a. Document views: berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja
b. Show: berfungsi untuk memunculkan beberapa menu-menu yang ada pada ms.word
c. Zoom: berfungsi untuk memperbesar tampilan jendela kerja, membuat lembar kerja dalam satu halaman atau dua halaman dan mengatur page width
d. Windows: berfungsi untuk mengatur windows atau jendela kerja
e. Macros: berfungsi untuk membuat sebuah sistem macro yang dapat dikoneksikan dengan bagian jendela ms.word yang lain
Selamat membaca semoga bermanfaat 😉😉
Baca juga:
https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/membuat-daftar-isi-dengan-tabulasi-dan.html?m=1
Membuat daftar isi dengan tabulasi dan table of contents Microsoft word
Baca juga:
https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/membuat-daftar-isi-dengan-tabulasi-dan.html?m=1
Membuat daftar isi dengan tabulasi dan table of contents Microsoft word
Tidak ada komentar:
Posting Komentar